Siapa yang tidak membutuhkan manajemen?
Bahkan, organisasi terkecil seperti rumah tangga pun membutuhkan sistem
manajemen yang tepat. Kalau tidak, akan sulit memperoleh suasana rumah tangga
yang teratur dan terkontrol dengan baik. Tentu saja, hal ini menjadi lebih
penting dalam organisasi yang lebih kompleks dengan fungsi dan tugas dari
masing-masing departemen yang berbeda.
Pengertian Sistem Informasi Manajemen
Manajemen sendiri
mencakup proses perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, pengarahan, dan
lain-lain, dalam suatu organisasi. Sedangkan, informasi dalam satu organisasi
adalah data yang diolah sedemikian rupa sehingga memiliki nilai dan arti bagi
organisasi.
Fungsi Sistem Informasi Manajemen
Fungsi utama
diterapkannya sistem infomasi manajemen dalam suatu organisasi adalah sebagai
berikut:
- Mempermudah pihak manajemen untuk melakukan perencanaan, pengawasan, pengarahan dan pendelegasian kerja kepada semua departemen yang memiliki hubungan komando atau koordinasi dengannya.
- Meningkatkan efisiensi dan efektifitas data yang tersaji akurat dan tepat waktu.
- Meningkatkan produktifitas dan penghematan biaya dalam suatu organisasi.
- Meningkatkan kualitas sumber daya manusia karena unit sistem kerja yang terkoordinir dan sistematis.
Contoh dari Sistem Manajemen yaitu
Pengembangan Sistem informasi Manajemen Kepegawaian (SIMKA)na
Tidak ada komentar:
Posting Komentar